Scroll untuk baca artikel
PalembangTempat Wisata

Monpera Palembang, Bukti pertempuran lima hari lima malam melawan kolonial Belanda

348
×

Monpera Palembang, Bukti pertempuran lima hari lima malam melawan kolonial Belanda

Sebarkan artikel ini
 

akuliburan.com, PALEMBANG – Seorang yang hebat adalah orang yang tidak melupakan sejarah, nah salah satu bukti sejarah adalah monumen pejuangan rakyat di singkat MONPERA.

Monpera menjadi salah satu tujuan wisata palembang yang harus didatangi karena disini kita bisa melihat Koleksi sejarah perjuangan pahlawan sumatra selatan dalam menghadapi agresi militer Belanda II antara lain berupa foto dokumentasi, pakaian yang pernah digunakan para pejuang, senjata, buku, hingga mata uang, baju dinas dan patung pahlawan yang pernah berlaku di NKRI.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Monpera terletak Jl. Merdeka No. 1, Kota Palembang, Sumatera Selatan Telepon: (0711) 358450, berseberangan dengan Masjid Agung Palembang, cukup mudah untuk di kunjungi. Berada di sebelah kanan ada jembatan Ampera yang menjadi Ikon Kota Palembang, dan tak jauh dari monpera tepatnya persis di belakang Monpera ada Benteng kuto besak kesultanan sriwijaya

Baca Lainnya  6 Pemandangan dari Atas Jembatan Ampera

Monpera berbentuk bunga melati bermahkota lima, yang artinya melati merupakan simbo kesucian hati para pahlawan, lima sisi merupakan keresidenan yang tergabung dalam sub komandeman sumatra selatan.

Tinggi monpera yaitu 17 meter, dengan jumlah 8 lantai, dan 45 bidang atau jalur. Angka tersebut mewakili tanggal proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yaitu tanggal 17 – 08 – 1945.

Pada masa awal kemerdekaan tempat ini menjadi saksi sejarah perjuangan masyarakat sumatra selatan, sebagai tempat basis pertempuran lima hari lima malam menghadapi kolonial Belanda. Pembangunan monpera dimulai tahun anggaran 1980/1981 sampai tahun 1987/1988. Peresmiannya dilaksanakan pada 23 Februari 1988 oleh Menko Kesra H. Alamsyah Ratu Prawiranegara.

Baca Lainnya  4 Bandara Sumatera Selatan, Siap Sukseskan Asian Games 2018

Monpera dikelola oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kota Palembang,

Verified by MonsterInsights