HEADLINE NEWS

Gunung Dempo dan Air Terjun andalan Tempat Wisata di Pagaralam,

www.akuliburan.com - Pagaralam nama salah satu kota dataran tinggi di Provinsi Sumatera Selatan, ada beberapa julukan untuk kota ini, "Kota Seribu Air Terjun" dan "Pagaralam Kota Bunga". Gunung Dempo dan air terjun adalah andalan tempat wisata di Pagaralam

Traveler tidak asing dengan kota Pagaralam ini, karena ada beberapa event besar pernah dilaksanakan disini, salah satu nya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2014 yang lalu cabang olahraga paralayang.
Kawasan Take Up Paralayang di Kota Pagaralam tidak bergitu jauh dari pusat kota. Hanya perlu menempuh perjalan sekitar setengah jam sudah sampai kelokasi tersebut. Lokasi Take Up Paralayang yang ada di Pagaralam ini berada diposisi ketingian 1900 mdpl, sedangkan lokasi untuk landing berada pada ketingian 900 mdpl. Namun yang menjadi kendala saat adalah di Pagaralam ini belum ada intruktur Paralayang yang telah mendapat Lisensi untuk menjadi instrukstur Paralayang resmi

Untuk Pendaki gunung di Sumatera Selatan, Gunung dempo merupakan tujuan wajib yang harus didaki dahulu sebelum mendaki gunung di luar Sumsel. Dikaki gunung dempo terhampar perkebunan teh yang hijau.

Selama dua hari Aku Liburan bersama sahabat berkunjung beberapa tempat wisata air terjun di Pagaralam, yuk ikuti perjalanan kami.

Dari Kota Palembang kami berangkat malam menggunkan angkutan darat selama 9 jam, jam 20.00 sampai di pagaralam jam 04.00, istirahat dan tidur.

Jam 8.00 kami start awal ke kebun teh, yaitu lokasi tangga seribu melihat pemetik daun teh,

Saat kami tiba di Kebun teh ada sekelompok pemetik sedang istirahat untuk sarapan pagi, pemetik biasanya mulai memetik jam 6 pagi baru sekitar jam 8 lebih mereka istirahat dan sarapan.

Selanjutnya ke taman bunga yang berada di komplek perkantoran Pemkot Pagaralam

Sayang kondisi cuaca tidak mendukung taman bunganya tidak nampak tertutup embun.  Pada waktu kami datang tidak tepat pada musim bunga mekar, Photo diatas tepat di tugu taman bunga.

Tempat wisata lanjutnya kami naik menuju lokasi take up paralayang dan titik awal pendakian gunung dempo.
Di belakang kami ini tempat take up paralayang
Titik awal pendakian
Titik awal pendakian gunung dempo
Turun dari kaki gunung dempo menuju Tempat wisata Pagaralam Air Terjun Mangkok atau sering disebut Curup Pancur yang letaknya berada tepat di bawah kaki Gunung Dempo, Desa Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Pagar Alam adalah salah satu wisata air terjun di Pagar Alam yang memiliki ketinggian sekitar 100 m. Sehingga, aliran yang dihasilkan mirip dengan pancuran raksasa dan airnya sangat dingin.

Tempat wisata Pagaralam yang kedua yaitu Air terjun embun Terletak di sebelah timur kaki Gunung Dempo, tepatnya ada di Keluarahan Curup Jare, Desa Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Pagar Alam. Untuk sampai lokasi, jika berangkat dari Kota Pagar Alam hanya sekitar 15-20 menit. Untuk menuju ke air terjun, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga. Tetapi, rasa lelah tergantikan dengan persembahan alami yang mempesona yang ada di sini.
Air terjun embun
Tinggi air terjunnya sekitar 80 m dengan intensitas air yang tidak begitu deras dan hal itu menjadikan kolam yang terbuat secara alami dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang dan menikmati kelembapan air yang jatuh dari tepi tebing.

Di Air Terjun embun kami makan siang bersama dan bermain air sepuasnya.

Hari kedua aku liburan Air terjun lematang indah ini terletak di Kecamatan Dempo Utara, Pagar Alam. Dengan ketinggian sekitar 40 m dan pancurannya yang hanya setinggi sekitar 20 m, keistimewaan yang dimiliki air terjun ini adalah keterjangkauan lokasinya yang mudah diakses. Jadi, tidak heran jika Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi.

Di sini, kita dapat melakukan aktifitas bermain arung jeram sepanjang 50 m. Uniknya, ketika bermain arung jeram, kita akan melewati sebuah penderesan seperti air terjun yang airnya langsung jatuh ke sungai dengan aliran deras dan berkedalaman lebih dari dua meter. Maka dari itu, pengunjung tidak diizinkan berenang di area penderesan tersebut.

Meskipun begitu, kita masih dapat menikmati panorama alam yang masih begitu alami. Selesai bermain dan mandi. kami menuju tempat wisata tegur wangi.

Malam harinya kami kembali ke Kota Palembang. Sampai jumpa lagi.
Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis Komentar
  1. wahh ketemu air terjun! seneng banget liatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, diPagaralam ada banyak air terjun nya, tapi baru 3 lokasi yg sempat di kunjungi

      Hapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *